Saturday 26 March 2016

Canggih! Mematikan Komputer Hanya Dengan Menggunakan 'Tepukan Tangan'



Dari judulnya mungkin membuat kamu penasaran,apakah bisa mematikan komputer hanya dengan menggunakan suara 'tepukan tangan'?? Jawabannya adalah bisa! Cara ini sudah terbukti dan berhasil.. Dan buat kamu yang ingin mencoba trik ini,kamu hanya perlu sebuah aplikasi yang bernama Sleep Moon V2.

Aplikasi ini mampu bekerja dengan cara menerima suara apapun yang kamu keluarkan,yang kemudian akan diolah menjadi instruksi untuk melakukan perintah dalam sekejap. Dan disini kamu juga bukan hanya bisa mematikan / shutdown komputer kamu. Melainkan juga bisa untuk:
  • Restart
  • Log Off
  • Stand By
  • Hibernation
  • Membuka folder atau file khusus
  • Membunyikan alarm
  • Menampilkan kotak dialog yang bisa kamu edit.

Cukup canggih bukan? Untuk cara penggunaannya juga sangat mudah. Jika kamu belum punya aplikasinya. Kamu bisa download dulu disini
   
Jika sudah,install saja seperti biasa. Saya anggap kalian sudah mahir dalam hal instal-menginstall. hehe
Lalu buka aplikasi Sleep Moon V2. Maka tampilannya akan seperti berikut ini.


Pilih bentuk perintah yang ingin kalian jalankan.. Setelah itu,langsung saja menuju 'Sound Activation Console'




Nah,pada bagian inilah kamu mengatur seberapa besar atau keras suara yang dapat diterima komputer untuk dijadikan perintah.
Pada gambar dibawah ini saya gambarkan ada bagian A dan B. 
  • Pada bagian A,itu adalah keras suara yang kamu keluarkan. Coba saja kalian mengeluarkan suara apa saja,pasti pada bagian tersebut akan naik turun sesuai tinggi rendahnya suara kamu.
  • Pada bagian B,itu adalah batas minimal kerasnya suara yang harus kamu lewati agar suara kamu bisa diolah menjadi sebuah perintah. 

Contohnya seperti gambar dibawah ini. Jika kamu mengeluarkan suara namun suaranya tidak melewati 47%,maka tidak akan ada perintah yang dikerjakan.
Tapi ketika suara kamu mampu melewati 47%,maka lihatlah apa yang terjadi. Komputer kamu dengan sendirinya akan melakukan perintah yang kamu inginkan. Dalam contoh ini adalah shutdown 
otomatis..


Dan yang terakhir adalah simpan settingan tadi,dengan cara klik 'Save Sound Sensitivity Settings'




Sebenarnya kalian juga bisa menggunakan suara lain untuk melakukan perintah tersebut,namun saya sarankan dengan menggunakan tepuk tangan saja sudah cukup,karena lebih mudah dan simpel. hehe
Oke,sekian dulu tutorial kali ini.. Semoga bermanfaat.

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar