Friday 27 May 2016

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 7



Dirilis pada 22 Oktober 2009 untuk publik, Windows 7 masih jadi primadona bagi sebagian kalangan pengguna komputer. Walaupun sekarang ini telah muncul Windows yang telah mendahuluinya, namun tak mengurangi minat para user untuk menggunakan Windows 7. Sebut saja Windows 8.0, Windows 8.1, serta Windows 10, mereka telah menyalip Windows 7 dan otomatis banyak perbaruan yang dilakukan.. Tapi malah apa yang terjadi??

Fakta:
Dalam sebuah survei penggunaan OS yang dilakukan oleh visionmobile, Windows 7 mampu mengungguli para 'kakak-kakaknya'.. Dengan perolehan presentase 75% membuat Windows 7 terbukti menjadi OS favorit dengan mengalahkan Windows 8 yang hanya memperoleh presentase 16%..

Namun,bagi kamu yang mungkin menggunakan Windows 7, atau ingin menggunakan Windows 7.. Berikut akan kami ulas, apa aja sih kelebihan dan kekurangan sistem operasi Windows 7? Check it out!


Kelebihan Windows 7:

1. Booting dan Shutdown Cepat

Tak perlu diragukan lagi bahwa Windows 7 memang tergolong Sistem Operasi berkualitas yang ringan, Sehingga proses boot serta shutdown pun juga terasa ringan..

2. Hemat Daya

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, yakni Windows Vista, Windows 7 lebih hemat daya. Karena memang Windows 7 ini dibuat untuk membayar kekecewaan para user terhadap Windows Vista yang sangat boros daya. Sehingga sebagai penerusnya, Windows 7 terjamin akan kestabilannya.

3.  Keoptimalan Pre-Fetching

Fetching ini adalah suatu proses pengambilan data atau pe-load-an data dari memory utama. Keoptimalan Pre-Fetching pada Windows 7 ini menjadikan sistem operasi ini mampu bekerja lebih cepat.

4. Adanya Aplikasi Device Storage

Yakni sebuah aplikasi yang memudahkan kita dalam menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan juga dokumentasi.

5. Memiliki tampilan serta aplikasi yang menarik

Diantaranya...

1. Home Group
Home group ini bisa kamu gunakan untuk berbagi file maupun sumber daya hanya dengan menghubungkan komputer menggunakan sistem jaringan.

2. Snap
Bukan hanya membuka aplikasi secara bersamaan,kamu bahkan bisa menampilkan dua aplikasi secara bersamaan dan bersebelahan. Gimana caranya?

Tekan Windows + panah kanan untuk menampilkan salah satu aplikasi disebelah kanan.
Tekan Windows + panah kiri untuk menampilkan salah satu aplikasi disebelah kiri.

3. Windows Media Center
Kamu hobi nonton TV? Fitur pada Windows 7 ini bisa kamu gunakan untuk menonton TV secara online. Bahkan kamu juga bisa untuk merekam langsung siarannya.

Baca:  Cara Nonton TV dengan VLC Media Player

4. Parental Control
Dari namanya saja mungkin sudah kelihatan fungsi dari pada fitur yang satu ini. Yapp,fitur ini bisa digunakan untuk mengontrol pengoperasian yang dilakukan oleh anak-anak. Sebut saja seperti pembatasan hak akses kepada anak-anak, atau juga pembatasan waktu yang digunakan oleh anak-anak.

5. Windows Live Essentials
Kamu bisa melakukan pengaksesan data secara offline. Serta juga bisa untuk melakukan berbagi hal yang berkaitan dengan foto, video, dll.

6. Jump List
Hanya dengan mengklik pada pin, maka kamu sudah bisa membuka kembali salah satu aplikasi atau beberapa aplikasi yang berjalan.

Kekurangan Windows 7:

1. Kompatibilitas Belum Sempurna 

Belum semuanya aplikasi bisa berjalan dengan baik di Windows 7. Karena nyatanya memang masih ada beberapa aplikasi yang tidak bisa beroperasi di Windows 7.

2. Masih Terdapat Bug

Bug sendiri adalah sebuah celah kesalahan, yang boleh dibilang adalah sebuah pengerjaan yang kurang sempurna sehingga menyebabkan kurang sempurnanya sebuah aplikasi. Namun, kamu tak perlu khawatir. Karena bug ini hanya terjadi pada Windows Player 12.

3. Masalah Deteksi Hardware

Karena ada beberapa hardware yang bisa terdeteksi pada Windows Vista, namun tidak terdeteksi pada Windows 7.

4. Masalah Software

Software yang sebelumnya bisa dipaksa untuk dipasang pada Windows Vista, ada beberapa yang tidak bisa dipaksa di Windows 7.

5. Tidak Semua Perbaruannya Mengalahkan OS sebelumnya

Katakan saja Windows XP.. Jika dibandingkan dengan Windows 7 maka Windows XP tentu lebih cepat..


Itulah ulasan singkat tentang Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows 7..  Windows 7 adalah sistem operasi yang bagus. Jujur saja Admin sendiri sekarang masih menggunakan OS yang satu ini. Jika bicara soal kekurangan.. Ya wajar saja, karena tak ada segala sesuatu yang sempurna. Sehingga semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar