Tuesday 28 June 2016

Apa itu Kuota Internet dan Kenapa Harus Ada Kuota Internet?



Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan manusia mulai tak luput dari yang namanya internet. Ini dikarenakan internet menyimpan berjuta-juta informasi yang memungkinan untuk diakses oleh semua orang. Namun sayang, internet diindonesia bisa dikatakan belum terlalu memuaskan, karena di Indonesia internet masih tergolong lemot dan mahal dibandingkan negara diluar sana.


Walaupun begitu, kita juga harus tetap mensyukurinya karena masih beruntung negara kita memiliki akses internet dari pada tidak punya sama sekali.

Bicara mengenai internet, kurang lengkap rasanya jika tak membahas 'alat pembayarnya'. Yapp, paket data.. Sedangkan kita tahu selama ini bahwa paket data memliki sifat terbatas, nah keterbatasan inilah yang kamu kenal sebagai kuota.

Taukah kamu, kenapa sih harus ada kuota? Ngga unlimited aja? Memang sih, yang unlimited juga ada. Tapi paket data unlimited juga masih punya batasan. Dimana ketika kamu telah menggunakan internet dan telah melebihi batas, maka kecepatan internet kamu akan menurun secara drastis... Kok bisa?
 
Paket unlimited adalah sebuah paket dimana paket tersebut memiliki batas maksimum penggunaan. Betul sih.. jenis paket ini tidak akan habis. Hanya saja kecepatan aksesnya saja yang akan menurun secara drastis yang disebut sebagai batasan FUP (Fair Usage Policy).
Tapi yang menjadi pertanyaan adalah..

Kenapa jika sudah ada paket unlimited tapi tetap masih aja ada kuota??
Ini merujuk pada peran operator sendiri.. Operator memang bertugas dalam pelayanan publik. Yaitu untuk melayani kebutuhan masyarakat luas. Tapi ada satu hal yang perlu dicatat, yaitu operator bukanlah sebuah perum yang dibiayai oleh negara. Artinya mereka bekerja ya untuk mencari untung.. Untuk menghidupi diri mereka sendiri. Jadi terlalu sadis rasanya jika kita menginginkan akses internet sepuas-puasnya tanpa kuota.

Yang dibutuhkan oleh kita adalah tinggal bagaimana pintar-pintarnya kita menghemat paket data tersebut. Sehingga kamu tidak boros dalam penggunaan internet. Namun jika kamu ingin internet gratisan dan berpuas ria.. Silahkan datang saja ke hotspot area. hehe

Rekomendasi Untuk Anda × +
4 comments:
Write komentar