Sunday 12 June 2016

Pentingnya Melakukan Instal Ulang Sistem Operasi pada Komputer / Laptop



Banyak yang bertanya-tanya, isntal ulang itu apa sih? Lalu kenapa sih harus melakukan instal ulang?
Nah, bagi orang yang awam dalam duni akomputer mungkin tidak tau kenapa kita harus melakukan instal ulang pada komputer kita.

Instal ulang sendiri adalah proses memperbarui file-file sistem yang telah rusak atau hilang. Sehignga setelah melakukan instal ulang.. Kinerja komputer akan normal kembali.


Pentingkah melakukan instal ulang?

Jika berbicara penting atau tidak penting, melakukan instal ulang jelas sangat dibutuhkan dalam kondisi tertentu.

Baca: Kapan Waktunya Kamu Harus Melakukan Instal Ulang pada Komputer?
 Dan berikut adalah alasan penting kenapa kita harus melakukan instal ulang. Check it out!

1. Memasang Sistem Operasi yang Sesuai

Sebuah komputer tidak semuanya bisa dipasang semua sistem operasi.. Karena komputer pun sudah mematok jenis sistem operasi apa yang dapat dipasang pada komputer tersebut.
Misal saja ada komputer yang cocok dipasang Windows XP namun tidak cocok dipasang Windows 10. Ataupun sebaliknya...

2. Memperbarui Sistem Operasi

Perlu diketahui bahwa komputer yang lama tidak diinstal ulang kemungkinan akan mengalami yang namanya kerusakan sistem operasi. Betul.. Sistem operasi juga bisa rusak jika kita tidak bisa merawatnya dengan baik. Sehingga menyebabkan komputer menjadi lemot, sering crash, dan lain-lain.
Nah, untuk memperbaiki semua kesalahan tersebut, instal ulang bisa menjadi solusi terbaik buat sobat..

3. Menghilangkan Virus yang Bersarang di Komputer

Komputer kamu terserang virus? Hati-hati... Bukan hanya virus asli yang bisa menyebar, virus komputer pun bisa sangat cepat dalam menyebar. Atasi segera sebelum data-data penting kamu juga diserang virus. Yakni dengan melakukan instal ulang..
Partisi yang paling berisiko terkena virus adalah Local Disk C, sehingga dengan melakukan instal ulang, maka partisi tersebut akan terbebas dari yang namanya virus. Tapi jangan lupa yah sob.. Bersihkan juga partisi lainnya dengan melakukan scanning virus dengan antivirus.

4. Mempercepat Kinerja Komputer

Seperti yang sudah saya katakan bahwa kegiatan instal ulang menjadikan file sistem kita menjadi baru lagi.. Sehingga kondisi software yang ada pada komputer pun terasa seperti pada keadaan baru lagi, yang otomatis akan membuat kinerja komputer menjadi lebih cepat.
Walaupun begitu, terlalu sering melakukan instal ulang juga tidak baik.. Karena akan menimbulkan permasalahan pada hardware (perangkat keras) komputer itu sendiri. Terutama pada harddisk..
Lakukan instal ulang jika memang sedang diperlukan saja.. Tergantung kondisi sistem operasi yang ada pada komputer

Rekomendasi Untuk Anda × +
No comments:
Write komentar